Your alt title

UKDW SUSTAIN OR NOT…??

UKDW SUSTAIN OR NOT…??



UKDW adalah sebuah universitas yang terdapat di kota Yogyakarta. Kampus UKDW terletak tepatnya di Jl. dr. Wahidin Sudirahusada.

Arsitektur juga mengajari kita untuk menganalisa apakah sebuah bangunan dapat bertahan/sustain terhadap perkembangan zaman pada saat ini. Apakah bangunan itu dapat sustain dari segi fisik maupun citra atau pandangan masyarakat atas keberadaan bangunan tersebut. Sedikit banyak keberadaan sebuah bangunan di suatu tempat dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Begitu juga keberadaan kampus UKDW sangat mempengaruhi kehidupan lingkungan sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa analisa terhadap faktor-faktor dari sisi masyarakat dan UKDW itu sendiri yang akan menentukan bahwa UKDW SUSTAIN OR NOT….??

  • Physical elemen

UKDW merupakan bangunan yang terdiri dari elemen-elemen fisik berupa dinding, atap, plafon, lantai yang berfungsi sebagai elemen-elemen pembangun bangunan ini. Elemen-elemen ini merupakan factor yang mempengaruhi UKDW secara fisik dapat bertahan/lestari hingga saat ini. Lebih spesifiknya dapat dilihat pada pengunaan bahan material pada elemen-elemen tersebut.
Seiring perkembangan zaman…UKDW yang dulunya berupa bangunan bertingkat 3 sekarang mengalami perkembangan fisik dengan bertambahnya gedung AGAPE.


  • Perception

UKDW merupakan bangunan kampus yang digunakan sebagai tempat perkuliahan dan aktivitas mahasiswa lainnya. Pandangan masyarakat Jogja terhadap UKDW adalah termasuk kampus swasta yang memiliki citra yang baik di kota Jogja, yang terakreditsi pada masing-masing program studi yang ditawarkan di UKDW.
Pandangan lain dari segi masyarakat adalah keberadaanya sendiri sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat sekitar….dari segi mata pencaharian, pemukiman masyarakat, dan kehidupan sosial. Pengaruh adanya UKDW menyebabkan banyak didirikan tempat kos bagi mahasiswa di sekitar kampus yang menyebabkan masyarakat sehari-harinya hidup di lingkungan mahasiswa….di samping itu juga menambah mata pencarian masyarakat karena masyarakat juga banyak mendirikan warung makan di sekitar UKDW…


  • Activity

Aktivitas yang ada di UKDW adalah sebagian besar merupakan kegiatan perkuliahan dan tempat untuk menuntut ilmu. Namun, juga berlangsung kegiatan kemahasiswaan lainnya seperti hotspot-an, pergelaran karya seni mahasiswa, pengadaan job-fair, dll.
Namun dari sisi masyarakat, aktivitas yang terbentuk adalah aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan kehidupan mahasiswa sebagai akibat keberadaan UKDW…


  • Time

Waktu juga merupakan elemen yang menentukan seberapa substain/lestarinya sebuah bangunan. UKDW seiringnya waktu juga mengalami perkembanganan secara fisik dengan bertambahnya gedung baru Agape sebagai wujud untuk melestarikan bangunan kampus ini.


Kesimpulannya adalah UKDW dalam beberapa tahun kedepan akan tetap bertahan/sustain...karena UKDW mampu memenuhi faktor-faktor yang menentukan suatu karya arsitektur dapat dikatakan sustain....

Sekian n trims......^^

Posted on
Saturday, March 28, 2009
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

One Comment to “UKDW SUSTAIN OR NOT…??”


Prordrype Anrielelin assaumpMuck [url=http://napechke.com]Senanamaso[/url] aceteoste http://napechke.com

Anonymous
Blogger by Best Theme Distribution by New Blogger Templates And Tools.